Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri Di Rumah

7 Langkah Cepat Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri Di Rumah

Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri Di Rumah – Bakso adalah salah satu makanan yang disukai oleh berbagai kalangan masyarakat indonesia, bisa juga dibilang bahwa semua orang menyukai jajanan yang satu ini.

Karena banyak masyarakat yang menyukai bakso, maka Anda dapat menemukan bakso dimanapun anda berada, baik itu kota besar, kota kecil bahkan sampai ke pelosok desa.

Bakso adalah sejenis bola daging yang biasanya ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka.

Akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan ada juga yang memakai daging kerbau.

Usaha bakso sendiri dapat dipadukan dengan beberapa jenis usaha lainya, seperti Es Krim yang menggunakan Mesin Es Krim. Dengan begitu akan lebih menarik minat dan perhatian dari para calon konsumen kamu.

Cara Membuat Bakso Sapi Sendiri Di Rumah

Bahan Untuk Membuat Bakso Sapi :

  • 500 Gram Daging Sapi Yang Sudah Digiling Sehingga Menjadi Halus.
  • 150 Gram Es Batu Serut.
  • 3 Siung Bawang Merah, Iris, Goreng.
  • 3-5 Siung Bawang Putih, Dihaluskan.
  • 50 Ml Putih Telur.
  • 1/2 Sdt Baking Soda.
  • 100 Gram Tepung Tapioka.
  • 2 Sdt Garam.
  • Air Untuk Merebus Bakso.

Cara Membuat Bakso Sapi :

  1. Masukkan daging sapi yang sudah halus dalam food processor (FP) atau blender dengan menambahkan setengah dari es batu. Digiling sampai halus. Aduk putih telur, goreng bawang putih, bawang putih, garam dan sisa es batu. Giling lagi sampai benar-benar halus dan semuanya tercampur.
  2. Masukkan tepung tapioka dan baking soda ke dalam adonan sampai lembut dan halus.
  3. Rebus air dalam panci mendidih. Setelah mendidih, matikan api, atau bisa dengan menyalakan api dalam skala kecil agar membuat air tetap terjaga panasnya tapi perhatikan jangan sampai airnya mendidih dan bergejolak.
  4. Ambil beberapa adonan bakso kemudian membuat kepalan tangan dan tekan jari sampai campuran menusuk keluar dari sela-sela jempol dan jari telunjuk, mencelupkan dahulu sendok ke dalam air dingin (bertujuan untuk membuat adonan jadi menempel ke sendok), kemudian angkat bulatan adonan dengan sendok dan dimasukkan ke dalam air panas dalam panci.
  5. bisa juga akan dibulatkan dengan bantuan 2 sendok teh. Melakukan sampai adonan habis.
  6. Biarkan bakso mengapung, kemudian nyalakan/besarkan sedikit apinya dan masak kembali dengan sedikit air mendidih selama 5 menit untuk memungkinkan bakso dimasak dengan sempurna.
  7. Siapkan air dingin di wadah, angkat bakso yang sudah matang dari panci dan memasukkannya ke dalam air dingin. Biarkan hingga dingin. Tiriskan dan Bakso adalah siap untuk dinikmati ataupun dikemas dengan Mesin Pengemas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *