Perlukah Memakai Kursi Bonceng Anak Ketika Berkendara?

Indonesia adalah salah satu Negara dengan pengguna alat transportasi sepeda motor terbanyak di dunia. Jika kita lihat secara langsung saja, di jalan raya bukan hanya jam berangkat kerja atau berangkat sekolah 6am-7am serta jam pulang kerja 4pm-6pm saja yang ramai akan kendaraan roda 2. Banyak juga sepeda motor yang membuat kemacetan diluar jam-jam tersebut. Jika anda perhatikan lebih jelas bahwa pengendara sepeda motor diluar jam berangkat dan pulang kerja adalah para ibu-ibu rumah tangga yang biasanya pergi untuk kepasar atau orang lain dengan berbagai pekerjaan. Nah semakin banyak orang-orang yang mengendarai sepeda motor tentunya jalan raya menjadi lebih beresiko jika kita membawa anak kita ikut berjalan mengendarai sepeda motor. Oleh karena itu sebaiknya kita selalu memahami pentingnya penggunaan aksesoris-aksesoris yang dapat melindungi diri anda sebagai pengemudi serta anak anda yang ikut bersama dengan anda. helm salah satu aksesoris yang wajib digunakan oleh pengemudi serta penumpang. Namun helm saja tentu tidak cukup untuk anak yang memang masih dibawah umur yang belum kuat untuk menjaga keseimbangan selama berada disepeda motor. Oleh karena itu anda perlu aksesoris tambahan agar bisa membawanya ke jalan raya denganaman dan nyaman yaitu kursi bonceng anak  bagian belakang.

boncengan anak alpina

Sebenarnya kursi bonceng sangat banyak sekali jenisnya. Ada yang bisa untuk di depan, dan ada juga yang dipasangkan di kursi motor bagian belakang. Keduanya sebenarnya sama-sama menguntungkan untuk anda dan sama-sama penting untuk digunakan oleh anak anda. perbedaannya hanyalah pada jika anak anda duduk did epan dengan menggunakan kursi bonceng maka ada batasan umur yang bisa untuk didepan karena memang kursi bonceng depan didesain hanya untuk anak-anak balita saja. Dan dari segi ukuran juga memang untuk kursi bonceng depan lebih kecil dibandingkan dengan kursi bonceng belakang. Namun jika ada kursi bonceng di depan tentunya slot atau kapasitas duduk penumpang bertambah menjadi 1 orang. Tetapi terlepas dari semua itu keduanya sama-sama berguna untuk melindungi anak anda ketika di jalan raya yang padat dengan kendaraan lain dan berbagai cara orang membawa sepeda motor.

Boncengan anak bagian belakang ini sebenarnya memiliki banyak sekali keunggulan jika anda perhatikan dengan benar. Keunggulan pertama dan sangat diinginkan oleh kebanyakan orang yaitu bentuk dan desain dari kursi bonceng belakang ini lebih keren dan lebih seperti kursi di kendaraan mobil. Dan bahkan dapat dibilang lebih memberikan kenyamanan yang maksimal untuk anak anda. selain itu juga biasanya terdapat model kursi bonceng mobil pembalap yang mana bentuknya sangat mirip dengan kursi pembalap yang sangat cocok sekali jika digunakan oleh anak laki-laki anda. bagian penyangga punggungnya juga dibuat dari busa yang tebal sehingga ia akan nyaman bersandar. Untuk keamanan jangan khawatir karena anak anda diikatkan dengan sabuk pengaman yang akan menjaganya tetap duduk aman dibelakang anda. selain itu juga motor anda tidak perlu banyak-banyak dirubah desainya karena hanya perlu diikatkan pada besi safety motor anda untuk menggunakannya.

Nah jadi jika dipikir kembali apakah hanya helm saja yang diwajibkan untuk digunakan selama berkendara sepeda motor ? sementara banyak aksesoris lainnya yang sebenarnya juga bisa digunakan untuk melindungi diri serta penumpang sepeda motor, salah satunya kursi bonceng anak . Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *